• Bitsch Moran posted an update 11 months ago

    PBN (Private Blog Network) ialah jaringan blog pribadi yang diciptakan dengan tujuan meningkatkan peringkat laman laman tertentu dalam mesin pencari seperti Google. Konsep PBN melibatkan pemakaian sebagian laman situs atau blog yang dibatasi oleh satu entitas atau individu untuk membangun link balik (backlink) ke website laman sasaran yang mau ditingkatkan peringkatnya.

    Tujuan utama PBN merupakan untuk memanipulasi algoritma mesin pencari dengan memberikan link balik berkwalitas tinggi ke web situs sasaran. Dalam praktiknya, pemilik PBN seringkali membikin konten yang berkaitan dengan topik yang sama atau mirip dengan laman situs sasaran, dan kemudian menautkan laman website sasaran dengan link balik di dalam konten hal yang demikian. Yang ini diinginkan bisa meningkatkan otoritas dan peringkat web situs sasaran di mesin pencari.

    Tapi, PBN dianggap sebagai praktik SEO yang tak etis dan melanggar petunjuk mesin pencari seperti Google. Mesin pencari, termasuk Google, secara aktif memantau dan menindak praktik-praktik manipulatif seperti pemakaian PBN. Bila terdeteksi, web situs yang terlibat dalam PBN bisa dikenai pinalti yang bisa menyebabkan penurunan peringkat atau malahan peniadaan dari hasil pencarian.

    Pada lazimnya, dianjurkan untuk menghindari pengaplikasian PBN dan konsentrasi pada taktik SEO yang berkelanjutan dan cocok dengan petunjuk mesin pencari. Jasa Backlink PBN Taktik yang lebih bagus melibatkan pembuatan konten bermutu tinggi, mendapat link balik natural dari web situs otoritatif, dan mengembangkan struktur web laman untuk keterlihatan yang lebih bagus di mesin pencari.