• Omar McMillan posted an update 1 year, 2 months ago

    Padahal semua paket dan susunan biaya umrah sudah tersampaikan ke masyarakat jauh-jauh hari sebelum berangkat ke Arab Saudi. Dengan kenaikan tarif hotel, apakah ada kenaikan biaya umrah? Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Firman M Nur tidak secara lugas menyatakan berapa kenaikan biaya umrah, tapi dia mengatakan pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran bagi PPIU untuk menyikapi kondisi saat ini. Agar PPIU dan jamaahnya dapat saling membangun pengertian dan memahami kondisinya dan memberikan kesempatan bagi PPIU untuk tetap memberikan pelayanan terbaik dengan biaya umrah yang sudah disepakati. Beberapa poin dalam surat edaran itu antara lain meminta PPIU untuk bermusyawarah dengan calon jamaah umrah sehingga bisa memahami kondisi yang terjadi. Poin berikutnya, jika memang harus melakukan perubahan program/jadwal keberangkatan yang semestinya ke Makkah, namun bisa terlebih dulu ke Madinah atau sebaliknya. Dia juga meminta PPIU untuk terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada jamaah/masyarakat terkait perubahan situasi yang terjadi di Saudi. Imbas dari kenaikan tarif hotel ini, beberapa jamaah sudah dipindahkan dari hotel di Makkah. Kenaikan harga hotel di Arab Saudi tidak hanya dilatarbelakangi oleh kenaikan kurs, ataupun dampak perang Rusia-Ukraina, tetapi karena para pemilik hotel ingin menutupi kerugian mereka dalam dua tahun terakhir, selama masa pandemi Covid-19.

    Jakarta – Arab Saudi mengumumkan sejumlah aturan baru untuk jemaah umroh dari luar negeri di tengah pandemi virus Corona. Kementerian Haji dan Umrah Saudi mengumumkan jemaah umroh dari luar negeri harus sudah divaksinasi secara lengkap. Kementerian itu melalui Twitter dan dikutip CNN. Hingga saat ini, vaksin Covid-19 yang diakui pemerintah Arab Saudi adalah produksi Pfizer BioNtech, AstraZeneca, Covishield, SK Bioscience, Moderna, dan Johnson & Johnson. Khusus untuk Johnson & Johnson, hanya dibutuhkan satu dosis. Setelah 48 jam karantina, kelompok jemaah itu harus mengikuti tes PCR. Jika hasilnya negatif Covid-19, maka mereka diperbolehkan melaksanakan umrah. Saudi mencabut penangguhan penerbangan dari Indonesia terhitung mulai 1 Desember mendatang tanpa harus transit ke negara ketiga. Meski demikian, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Kementerian Agama, Hilman Latief, mengatakan belum bisa memastikan keberangkatan calon jemaah umroh asal Indonesia. Hilman menyatakan bahwa Kementerian Agama dan Kementerian Haji dan Umrah Saudi akan terlebih dulu membahas teknis dan skenario penyelenggaraan umrah di tengah pandemi. Skenario itu, kata dia, antara lain berkenaan dengan one gate policy atau kebijakan umrah satu pintu, skema karantina, validasi sertifikat vaksin dan hasil PCR, manasik umrah di masa pandemi, serta berbagai hal lainnya. Hilman berharap skenario bersama ini bisa segera disepakati sehingga dapat menjadi panduan umrah bagi semua pihak, baik bagi pemerintah, penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU), dan jemaah.

    Paket umroh ini menarik bagi konsumen mengingat umroh di bulan ramadhan memiliki pahala sama dengan haji. 2020 -2021 standar paket Kemenag. Berapa biaya umroh yang wajar? Biaya umroh yang wajar adalah biaya umroh yang masuk akal. Maksudnya, tidak kemahalan dan tidak pula kemurahan. Untuk mengetahuinya, cukup bandingkan berapa kira-kira total biaya semua fasilitas yang diberikan biro travel kepada jemaahnya dengan berapa harga paket umroh yang di tawarkan oleh biro travel tersebut. Apabila total biaya untuk semua fasilitas umroh adalah 18 juta, namun biro travel-nya menawarkan harga paket umroh di bawah itu, katakanlah 13 juta, maka kamu patut curiga. Bisa jadi kasusnya sama seperti First Travel dulu dimana perusahaan menggunakan uang Jemaah lain untuk menutupi biaya pemberangkatan umroh Jemaah lainnya karena secara hitungan tidak cukup. Sebaliknya, jika harga paket umroh yang ditawarkan jauh di atas total biaya semua fasilitas yang didapat jemaah, maka ini berarti perusahaan mengambil margin keuntungan terlalu tinggi.

    Salah satunya adalah produk deposito yang dimiliki oleh PT Bank JTrust Indonesia Tbk. haji furoda , J Trust Bank menyelenggarakan program referral “Win-Win-Win”, yang juga merupakan bagian dari program penempatan deposito “Tetap Semangat Melawan Corona” J Trust Bank. Melalui program referral “Win-Win-Win”, J Trust Bank mendonasikan sebesar suku bunga tahunan 0,1% dari total dana deposito yang terhimpun dari masyarakat. J Trust Bank memberikan peluang bagi nasabah untuk memperoleh tiga keuntungan sekaligus melalui program deposito ini. Pertama, bunga deposito yang kompetitif. Kedua, reward bagi referentor (pengenal) yang mereferensikan calon nasabah untuk membuka rekening produk deposito J Trust. Ketiga, cashback untuk nasabah yang membuka rekening deposito berdasarkan referensi referentor. Adapun, salah satu syarat mengikuti program referral “Win-Win-Win” adalah nasabah eksisting maupun nasabah baru J Trust Bank. Jumlah deposito yang disetor minimum Rp10 juta (berlaku kelipatan) dan maksimum Rp1 triliun, dan tidak harus 1 bilyet/advice per nasabah/per CIF. Jangka waktu deposito yang tersedia, yaitu 3 bulan dan 6 bulan. Suku bunga deposito yang didapat mencapai 5% per tahun. Setelah penempatan baru rekening deposito tersebut, deposan akan memperoleh cashback senilai 0,25% per tahun (per annum/p.a) dari nominal. Jika terdapat referentor yang mereferensikan deposan membuka rekening di J Trust Bank, referentor akan mendapatkan cashback senilai 0,25% p.a dari nominal.